STMT TRISAKTI 2008

Senin, 05 April 2010

PT. TNT Logistic Indonesia


Kelompok :
Panji Prasetyo (223408021)
Nelson Len Togas (223408002)

Pendahuluan :
Seperti telah diketahui saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis di bidang perekonomian yang salah satu dampaknya adalah terhadap dunia usaha, dapat dilihat dari banyaknya perusahaan yang gulung tikar akibat dari tidak stabilnya perekonomian dan lemahnya daya saing sehingga tergantikan oleh perusahaan-perusahaan baru yang lebih unggul di bidangnya. Salah satu bidang usaha yang muncul saat ini adalah usaha di bidang jasa pengiriman, kargo, dan kurir .
Kebutuhan manusia itu tidak terbatas, apabila sudah dipenuhi kebutuhan yang satu maka akan timbul kebutuhan yang lain. Dengan meningkatnya kebutuhan manusia maka meningkat pula aktivitas yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Dengan meningkatkan aktivitas semakin banyak waktu yang dibutuhkan sehingga semakin berharga setiap waktu yang ada. Dan untuk menunjang suatu aktivitas dibutuhkanlah beberapa sarana penunjang. Salah satunya jasa pengiriman, kargo, dan kurir. Jasa ini semakin dibutuhkan karena keterbatasan waktu setiap orang dan keterbatasan sarana penunjang pribadi dalam melakukan pengiriman barang atau dokumen ke tempat tujuan yang memerlukan. Disinilah kesempatan terbuka bagi kalangan usahawan yang tertarik di usaha di bidang jasa pengiriman, kargo, dan kurir disamping memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen juga ditunjang dengan berbagai atribut pelayanan yang menyertainya.
TNT N.V. merupakan perusahaan internasional dalam bidang kurir yang bermarkas di Hoofddorp, Belanda. Perusahaan ini didirikan tahun 1996. Perusahaan ini mempekerjakan 161.000 pekerja dan beroperasi lebih dari 200 negara. Cabang TNT N.V di Indonesia dengan nama PT. TNT Logistic Indonesia.

Tentang TNT
Sebagai produsen, importir dan distributor, TNT berkomitmen untuk menyediakan Anda dan pelanggan Anda dengan garis penuh nama merek dagangan kualitas dan swasta atau kontrol label produk secara tepat waktu.

Apa yang Kami Lakukan:
Kami adalah spesialis dalam menawarkan pelanggan kami:

* Penuh baris barang dagangan: Memberikan Anda dengan produk berkualitas termasuk aksesoris ponsel, aksesoris iPod, elektronik, pakaian, produk-produk luar ruangan, dan berbagai macam barang dagangan umum.
* Customer Service: Kami bermitra dengan Anda, pelanggan kami untuk menyediakan dukungan tata letak toko, titik bantuan pembelian, dan berbagai alat pemasaran lainnya ditambah layanan kelas pertama setelah penjualan.
* Gudang Fasilitas: Dengan fasilitas baru diperluas gudang kami, kami dapat menangani kiriman Anda dari satu paket ke kotak atau konfigurasi pallet dan kontainer.
* Kualitas barang dagangan: Sebagai importir internasional, kami hanya unggul dalam menyediakan barang berkualitas tinggi dari merek yang paling dikenal dari seluruh dunia.

MANAJEMEN KUALITAS LAYANAN PERUSAHAAN COURIERSERVICE TNT

Subject : Quality control
TNT, penyedia layanan ekspress terpadu terkemuka, melayani layanan angkutan barang berat, kurirdan logistik secara ekspres di wilayah Asia Tenggara, China, dan Eropa, serta mendorong pertumbuhan bisnisnya di Indonesia. Berdasarkan data penurunan jumlah pelanggan TNT, maka penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kepuasan masyarakat sebagai pengguna jasa TNT dalam strateginya untuk meningkatkan pelayanan. Penelitian ini diselesaikan menggunakan metode Servqual (Service Quality), yang didefinisikan sebagai segala sesuatu yang memfokuskan pada usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang disertai dengan ketepatan dalam menyampaikannya, sehingga tercipta kesesuaian yang seimbang dengan harapan konsumen. Penelitian diawali dengan pengambilan sampel dengan responden yang terdiri dari pelanggan TNT yang melakukan komplain ke pihak perusahaan dan pihak manajemen dari TNT itu sendiri. Sampling dilakukan pada kantor-kantor TNT di Surabaya.
Pengolahan data pada pembobotan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dimana pembobotan dilakukan pada lima dimensi utama kualitas jasa (tangibles, reliability, responsiveness, assurance,
emphaty). Hasil dari penelitian adalah terdapat gap antara kebutuhan dan harapan (persepsi dan ekspektasi) atas pelayanan yang diberikan, yang semuanya bernilai negatif yang membuktikan bahwa perusahaan harus melakukan perbaikan, terutama di beberapa kriteria yang memiliki gap terbesar yaitu: dimensi reliability meliputi keramahan karyawan dalam mendengarkan keluhan dan keramahan, kesopanan, dan rasa bersahabat dari karyawan, dimensi responsiveness yang meliputi kecepatan manajemen menanggapi keluhan dan kecepatanggapan untuk membantu konsumen, dimensi assurance yang meliputi kredibilitas dan reputasi TNT, keamanan konsumen dan kendaraan parkir, serta dimensi emphaty yang meliputi kemudahan untuk menyampaikan keluhan, dan kesediaan manajemen untuk menerima kritik dan saran.

Bukti perusahaan ini mendapat penghargaan atau rewards dengan perusahaan logistic ekspress mendapat ISO 28000.
TNT, Perusahaan Ekspres Pertama yang Memperoleh Sertifikasi ISO 28000
Sertifikasi Tersebut Meningkatkan Standar Keamanan Untuk Industri Logistik.

Jakarta, Indonesia, 29 Juni 2009 – TNT, perusahaan penyedia jasa layanan pengiriman terintegrasi merupakan perusahaan pengiriman ekspres pertama yang menerima sertifikasi ISO 28000 mengenai standar kualitas. Akreditasi tersebut mencakup kantor pusat regional di Singapura dan operasional TNT di seluruh wilayah Asia Pasifik.

Sertifikasi ISO 28000 mencakup persyaratan sistem manajemen keamanan yang sangat luas, termasuk aspek-aspek penting mengenai jaminan keamanan di dalam rantai suplai. Hal ini sangat sesuai untuk pengiriman barang-barang bernilai tinggi dari sektor teknologi tinggi, kesehatan, otomotif dan industri - yang merupakan fokus area TNT.

Onno Boots, Regional Managing Director, TNT Asia mengatakan ”Hasil riset kami, menunjukkan bahwa pelanggan terutama sektor teknologi tinggi, menghargai usaha TNT dalam menekankan faktor keamanan. Bahkan pelanggan menempatkan aspek keamanan sebagai faktor terpenting ketika berhubungan dengan pengiriman barang mereka. Kami telah menjawab kebutuhan pelanggan dengan meningkatkan sistem keamanan kami.” Lebih lanjut Onno menambahkan “TNT bangga menjadi integrator pengiriman ekspres pertama yang memperoleh sertifikasi standar ISO 28000.”

ISO 28000 menambah koleksi sertifikasi yang telah dimiliki oleh TNT di Indonesia, serta C-TPAT (Customs-Trade Partnership Against Terrorism) – yang merupakan revalidasi TNT Express secara global 2 bulan lalu.

ISO 28000 meningkatkan sistem keamanan TNT dengan mencakup keseluruhan account darisesi operasional & unit bisnisperusahaan di seluruh wilayah Asia Pasifik dan memastikan bahwa program tersebut konsisten dengan rencana bisnis strategis TNT.
Audit ISO 28000 meliputi solusi operasional darat dan udara terintegrasi milik TNT, termasuk Asia Road Network, proses clearance dan keamanan bea cukai lintas wilayah. Audit tersebut juga mencakup solusi keamanan atas layanan khusus (tailor-made) TNT untuk pelanggan, termasuk penilaian atas resiko penanganan rantai suplai terhadap bisnis pelanggan.

Tony Lugg, Director of Security, TNT Asia menyatakan ”Sebagian besar fasilitas TNT di wilayah Asia sudah memiliki sertifikasi TAPA dan menjadi fondasi dalam peningkatan arsitektur keamanan perusahaan. Dengan tujuan meningkatkan sistem keamanan ke level lebih tinggi, kami memutuskan untuk melakukan penilaian dan peninjauan ulang atas jaringan keamanan serta fokus dalam memperoleh sertifikasi yang lebih tinggi dan menyeluruh, yaitu ISO 28000. Proses sertifikasi mendorong kami untuk menempatkan kerangka kerja pada isu keamanan yang lebih luas (dari hulu sampai hilir rantai suplai) dengan cara yang sistematis.”

Penelitian menunjukkan bahwa banyak manfaat yang dapat diperoleh pelanggan atas si8stem keamanan dari rantai suplai, termasuk meningkatkan waktu transit pengiriman, mengurangi kasus kejahatan (pencurian) dalam manajemen inventaris, meningkatkan ketepatan waktu pengiriman serta meningkatkan kepercayaan & kesetiaan pelanggan.*

Sertifikasi ISO 28000 TNT diberikan oleh TUV Rheinland.



Dibawah ini adalah grafik perkembangan pelanggan setia para penguna jasa khususnya para penguna jasa pengiriman.

TNT, penyedia layanan ekspress terpadu terkemuka, menginginkan satu strategi TNT untuk memenuhi tingginya permintaan layanan angkutan barang berat, kurir dan logistik antara Asia Tenggara, China, dan Eropa, serta mendorong pertumbuhan bisnisnya di wilayah Indonesia.

Tabel 1.1 Jumlah Pelanggan Tahun 2006-2008
Tahun Kuartal Jumlah Pelanggan
2006
1) 15.773
2) 15.642
3) 15.876
4) 16.745
2007
1) 16.463
2) 16.899
3) 17.645
4) 17.423
2008
1) 12.885
2) 12.635

Source : (www.wikipedia.com/tnt), (www.tntsalesco.com/about.php), (www.tnt.com/express/in_id), (google searching ; quality control about logistic company TNT), (bsn.2001 sni 19-9000-2001 sistem manajemen mutu, jkt bsn)

Penadapat kelompok:

Dari beberapa esesnsi diatas menerangkan bahwa TNT sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kurir khususnya pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat yang tujuan.ini mengalami perkembangan yang sangat pesat terbukti dari tahun ke tahun baik pelanggan,armada,sampai kualitas mutu terus mengalami peningkatan dan ini dilakukan untuk memuaskan pelanggannya.
Di Indonesia sendiri TNT telah berkembang sebagai perusahaan layanan ekspress di region ASEAN,China,Eropa,serta mendorong pertumbuhannya bisnis di Indonesia.
TNT juga memakai metode ServQual dimana diartikan sebagai segala sesuatu yang memfokuskan pada usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang disertai dengan kecepatan dalam menyampaikannya,sehingga tercipta kesesuaian yang seimbang yang sesuai dengan harapan konsumen.Pengolahan data pada pembobotan dalam penelitian ini menggunakan metode AHP (Analitical Hierachy Process),Dimana pembobotan dilakukan 5 dimensi kualitas jasa such,Tangibles,realibility,responsev,assurance,empathy.

Membahas tentang ISO 28000:
ISO mencakup persyaratan system manajemen keamanan yang sangat luas,termasuk aspek – aspek penting jaminan keamanan suplai terutama untuk barang – barang yang bernilai tinggi seperti alat –alat berat,kesehatan dan alat – alat otomotif.
ISO 28000 menambah sertifikat yang dimiliki oleh TNT khususnya TNT di Indonesia.serta C-TPAT (Customs trade partnership against terrorism).
ISO 28000 juga meningkatkan system keamanan TNT dengan mencakup keseluruhan dari sesi operasional dan unit bisnis perusahaan.
Audit ISO antara lain SDA terintegrasi asia terutama process clearance.
ISO 28000 tujuan yaitu lebih meningkatkan keamanan.process sertifikasi mendorong perusahaan ini untuk menempatkan kerangka kerja pada isu keamanan yang lebih luas dengan cara yang sistemis. Selain itu manfaat yang di dapat diperoleh pelanggan atas system keamanan dari rantai suplai termasuk meningkatkan waktu transit,mengurangi pencurian,meningkatkan kepercayaan dan kesetian pelanggan.
posted by D3 MLM 2008 at 20.51

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home