STMT TRISAKTI 2008

Selasa, 20 April 2010

PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics)

Kelompok :
Paulina Margaretha (223408005)
Santi Rahayu (223408016)

PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) adalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan logistik terpadu nasional yang sedang berkembang pesat dan memiliki spesialisasi pada Project Logistics & Total Solution Logistics. Layanan logistik yang kami berikan bersifat fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, meliputi layanan transportasi multi moda, jasa kepabeanan ekspor impor, manajemen gudang, special project logistics, dan solusi logistik terpadu dengan jangkauan area di seluruh Indonesia.
Dengan keahliannya, CKB Logistics memfokuskan segmen pasarnya yakni perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri minyak, gas dan energi, pertambangan, EPC (engineering, procurement, and construction), power systems, trucks dan alat berat, dan industri lain yang membutuhkan penanganan khusus dan distribusi ke area terpencil.
Kami tidak hentinya menyediakan solusi yang sesuai dengan karakter pelanggan kami walaupun melewati berbagai kendala geografis dan infrastuktur, dari memindahkan suku cadang kecil menggunakan moda udara, peralatan berukuran sedang dengan menggunakan truk sampai memindahkan mesin-mesin berat dengan menggunakan kapal, vessels, landing craft tank atau freighter aircraft.
Strategi bisnis yang dirancang CKB Logistics dikombinasikan dengan manajemen keselamatan dan sumber daya manusia yang berdedikasi tinggi kepada pelanggan kami memberikan arti baru bagi total solusi logistik. Berapapun besar dan rumitnya permintaan logistik Anda, CKB Logistics mampu menyediakan solusi terbaik bagi bisnis Anda.

SEJARAH CKB
1997
* PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) didirikan di Jakarta

2001
* Memperoleh lisensi PPJK untuk proses kepabeanan di Tanjung Priok dan Bandara Soekarno Hatta
* Mendirikan cabang di Surabaya

2002
* Mendirikan kantor cabang di seluruh nusantara, termasuk Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, Medan, Denpasar, dan Batulicin

2003
* Membagi kegiatan operasionalnya ke tiga wilayah utama, yakni Sumatra, Kalimantan, dan Indonesia Bagian Timur
* Mendirikan departemen Customer Services

2005
* Memperkenalkan logo baru CKB Logistics
* Meluncurkan sistem manajemen logistik terpadu yang dinamakan FAST (Freight Administration Synchronized Tracking) dan Web Booking

2006
* Mendirikan cabang baru di Tarakan, Tanjung, Pangkalan Bun, Pekanbaru, Batam, Batukajang, dan Satui
* Memperkuat infrastruktur armada dengan menambah 60 unit truk di seluruh caban

2007
* Mendirikan cabang baru di Jambi, Manado, Soroako, Duri, Padang dan Sorong. Total cabang CKB Logistics adalah 29 cabang di seluruh Indonesia
* Mendirikan anak perusahaan yang dinamakan PT. Alfa Trans Raya yang bisnisnya terfokus pada bisnis pelayaran
* Investasi pada truk crane dan prime movers.
* Menandatangani kontrak kerjasama untuk mengelola Distribution Center di Samarinda bagi salah satu pelanggannya untuk distribusi suku cadang di Kalimantan.
* Memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 dengan nomor sertifikat ID07/0925 dan OHSAS 18001:1999 dengan nomor ID07/0926

2008
* Sebagai bentuk dari perkembangan bisnis, Operasional CKB Logistics berpindah gudang ke area yang lebih luas di kompleks pergudangan Dunex Sunter, Jakarta.
* Untuk memenuhi permintaan layanan pengiriman via udara yang meningkat, operational air freight CKB Logistics berpindah gudang ke area yang lebih luas di CKB Logistics Taman Niaga Soewarna
* Sebagai bagian dari pembentukan brand, citra perusahaan dan kampanye marketing, dilakukan peluncuran seragam karyawan baru
* Mulainya pembangan kapal Alfa Trans Dua, LCT baru selain 4 LCT carter dan 1 kapal semikontainer yang dioperasikan CKB Logistics
* Mulainya pengaplikasian sistem GPS pada truk dan pada LCT yang dioperasikan CKB Logistics
* Sebagai wujud dari perkembangan bisnis, kantor CKB Logistics Surabaya berpindah dari Rungkut ke kantor dan gudang baru di kawasan pergudangan Tungya Perkasa
* Pembukaan Cilandak Drop Center sebagai transit area untuk shipment sebelum dibawa ke DNX dan TNS
* Pendirian distribution center dan pelaksanaan manajemen pergudangan untuk suku cadang Mercedes Benz di Samarinda, Kalimantan Timur.
* Mulainya pembangunan kantor dan gudang baru CKB Logistics Balikpapan di Batakan
* Pemberian penghargaan kepada CKB TNS untuk pencapaian 1000jam tanpa kesalahan layanan: tanpa kerusakan, kehilangan dan salah rute

2009
* Peluncuran Alfa Trans Dua
* Sebagai wujud dari perkembangan bisnis, kantor dan gudang CKB Logistics Balikpapan Surabaya berpindah dari kawasan MT Haryono ke kantor dan gudang baru di kawasan Batakan, Balikpapan.

PEROFIL PERUSAHAAN
PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) adalah sebuah perusahaan nasional yang berkantor pusat di Jakarta dengan jumlah karyawan berkisar 500 orang di seluruh Indonesia. CKB Logistics beroperasi dengan memadukan moda transportasi darat, laut, dan udara yang menghubungkan jaringan antara pusat di Singapura dan pusat transit di Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan dan Denpasar ke lebih dari 60 kota di Indonesia.
CKB Logistics dipimpin oleh tenaga-tenaga professional dan berpengalaman yang memiliki keahlian selama bertahun-tahun di bidang supply chain management. Secara berkesinambungan CKB Logistik mencoba untuk memperluas jangkauan areanya, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan rentang dari solusi yang ditawarkan kepada pelanggan. Strategi kami dalam menjalankan bisnis adalah mengembangkan keahlian, sistem, jaringan, dan keunggulan layanan untuk mengembangkan penyimpanan dan pergerakan dari produk pelanggan kami di seluruh Indonesia.

VISI DAN MISI
Visi
" Untuk menjadi perusahaan logistik terpilih yang berkomitmen kepada inovasi, teknologi dan pelayanan terbaik ".

Misi
* Memberikan informasi yang lengkap dan akurat kepada pelanggan dalam setiap transaksi
* Memberikan pelayanan yang berkualitas dan terpercaya dengan harga yang kompetitif
* Menarik, mempertahankan, dan mempromosikan karyawan yang kemampuannya sesuai dengan posisinya, termasuk memberikan kesempatan kepada karyawan garis depan untuk mengembangkan kemampuan profesional, secara teknis maupun manajerial
* Memenuhi standar tuntutan industri akan kesehatan dan keselamatan kerja dalam segala aktivitas pekerjaan
* Mencapai pengembalian modal yang telah disepakati sesuai harapan para pemegang saham
* Mengembangkan peran positif perusahaan dan rasa tanggung jawab perusahaan* Memiliki rekanan yang terseleksi dan manajemennya dapat dipercaya, untuk bekerja sama mencapai tujuan jangka panjang CKB.

BUSINESS SYSTEM
- FAST (Freight Administration & Synchronized Tracking)
CKB Logistics menciptakan sebuah sistem manajemen logistik terpadu yang disebut FAST (Freight Administration Synchronized Tracking) dengan menggunakan aplikasi teknologi informasi dan sistem jaringan yang muktahir. Hal ini bertujuan untuk menyediakan informasi status shipment yang update kapan saja, dimana saja.
Kelebihan :
* Klien dapat membuat sendiri dokumen pengiriman dan membuat order pengambilan kargo secara online melalui internet
* Transmisi langsung dari permintaan pengambilan kargo klien ke bagian manajemen operasional untuk proses yang cepat
* Menu tracking & tracing, memungkinkan klien untuk menggunakan internet untuk memonitor dan menelusuri status terakhir dari pengiriman barangnya, termasuk juga untuk mengetahui estimasi waktu tiba.
* Sistem ini juga memungkinkan penarikan laporan yang dibutuhkan dari sistem :
o Laporan Performance dari layanan tertentu
o Laporan Volume Pengiriman
o dan laporan-laporan lainnya
Benefit :
* Penagihan klien yang akurat dan tepat waktu
* Cocok untuk Logistik heavy duty distribution
* Keamanan dan pertanggungjawaban bagi sistem informasi server klien

- HOCUS (Halcon Custom Clearance System)
Software yang customized ini digunakan oleh CKB Logistics untuk mendukung kegiatan custom custom clearance.
Kelebihan HOCUS adalah:
* Pembuatan dokument custom clearance yang cepat
HOCUS memungkinkan pembuatan dokumen custom clearance untuk ribuan barang impor atau ekspor dalam hitungan jam dengan memadukan dokumen pengiriman elektronik dengan HS Codes dan nilai bea dalam database HOCUS.
* Mempercepat proses custom clearance secara keseluruhan
Efisiensi dan efektivitas dalam proses pengerjaan persiapan dokumen custom clearance merupakan benefit yang diperoleh dari sistem ini sehingga mempersingkat seluruh waktu proses cargo clearance.

- FLAME (Fleet Management System)
Dengan bertambahnya jumlah armada CKB Logistics, kemampuan mengelola armada tersebut pun perlu ditingkatkan. Dengan adanya Fleet Management System, CKB Logistics memiliki kontrol penuh akan armadanya untuk memaksimalkan layanannya kepada kliennya. Didukung dengan alat bantu tracking Journey Management dan GPS, keselamatan dan keamanan dari armada yang beroperasi dapat dikelola dan dimonitor.
Sistem monitor kualitas armada yang ter-update secara real time online akan meningkatkan garansi Anda terhadap komitmen lead time pengiriman bagi masing-masing klien.

- WMS (Warehouse Management System)
Kepuasan klien adalah tujuan utama dalam rantai pengadaan. WMS On-line software adalah salah satu alat bantu untuk mencapai kepuasan dengan visibilitas warehouse items-nya dan metode proses order yang cepat dan utuh.
WMS dirancang dengan modul untuk memastikan:
* Optimalisasi tingkat stok
* Pengontrolan dan pengelolaan biaya dan profit
* Kemampuan Distribution Requirements Planning (DRP)
WMS memungkinkan CKB Logistics untuk :
* Mengatur kebutuhan manajemen gudang dan inventori kliennya
* Menyediakan visibilitas inventori melalui web and system interface
* Mengelola seluruh aktivitas gudang termasuk receiving, picking, putaway, stock count, cross docking, products management, orders management, historical tracking of inventory, repack/unpack, etc.

- SAP
Saat ini CKB Logistics mengaplikasikan SAP untuk bagian finance & accounting-nya serta Material Management & Procurement Modules-nya. Hal ini dilakukan untuk memastikan record keuangan yang akurat dan dapat diandalkan dan juga untuk fleksibilitas dalam menghasilkan laporan.
Bagi klien, SAP dapat memastikan record tagihan yang akurat dan dapat ditelusuri. Hal ini sangat berguna untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh klien
Bagi penanam modal, SAP dapat memberikan laporan yang fleksibel dan akurat untuk digunakan sebagai bahan analisis dan pengambilan keputusan.

- GPS
Informasi yang cepat, aktual dan akurat adalah salah satu komponen penting dalam bisnis logistik. Untuk memperoleh informasi yang tepat dan di waktu yang tepat, CKB Logistics menggunakan teknologi GPS yang dipasang di armada dan LCTnya.
Dengan fitur yang ditawarkan, hal ini memungkinkan CKB Logistics untuk :
* Track and trace pergerakan dari armada dan LCT
* Meningkatkan keamanan dan keselamatan kegiatan operasional
SERTIFIKAT YANG DIPEROLEH
ISO adalah suatu badan yang mengatur sertifikasi atau mengesahkan suatu standar. ISO merupakan singkatan dari International Standart Organization. ISO dibuat karena keinginan perusahaan dari berbagai macam bidang usaha untuk memuaskan pelanggannya, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan sesuai dengan standar yang ditetapkan. ISO bukan badan yang menciptakan standar, melainkan suatu badan yang menghasilkan cara untuk memastikan standar yang diikuti sejalan dengan laju perusahaan yang menggunakan standar yang dipilihnya.

ISO 9001:2000 adalah suatu standar international untuk sistem manajemen kualitas. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan/atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Persyaratan-persyaratan yang ditetapkan ini dapat merupakan kebutuhan spesifik dari pelanggan, di mana organisasi yang di kontrak itu bertanggung jawab untuk menjamin kualitas dari produk-produk tertentu atau merupakan kebutuhan dari pasar tertentu, sebagaimana ditentukan oleh organisasi.

OHSAS 18001 : 1999 ( Occupational Health & Safety Assessment System ) adalah standard yang mengatur tentang keselamatan dan kesehatan kerja dengan mengimplementasukan OHSAS 18001 diharapkan perusahaan dapat konsisten terhadap masalah keselamatan dan kesehatan kerja dan sekaligus meningkatkan citra perusahaan. Penerapan OHSAS 18001 dapat pula mendorong perusahaan untuk menunjukan komitmennya terhadap stakeholder bahwa perusahaan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap masalah keselamatan kerja serta meminimalkan resiko-resiko yang kemungkinan timbul pada proses kerja terutama menyangkut keselamatan.
sumber :
www.ckb.co.id
wikipedia.com
 
KESIMPULAN :
PT. KCB Logistic sudah memiliki keunggulan layanan yang baik dan perusahaan tersebut dapat memberikan kepuasan bagi para pemegang saham. Kebijakan mutu di perusahaan ini adalah memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan kepada pelanggan, untuk terus menerus memperbaiki mutu pelayanan-pelayanan perusahaan tersebut mengembangkan karyawan di seluruh lapisan.
Dan perusahaan tersebut harus terus menerus mencari solusi logistik, distribusi dan transportasi terbaik untuk kliennya agar dapat meningkatkan nilai tambah bagi pertumbuhan dan kesempatan klien.
Perusahaan tersebut harus selalu berupaya menggali setiap kemungkinan training dan pengembangan karir karyawan. Sebuah tim yang kuat yang terdiri individu yang berkompetensi dan bermotivasi tinggi akan memberikan kontribusi secara efektif untuk perkembangan yang terus menerus.
posted by D3 MLM 2008 at 10.01

0 Comments:

Poskan Komentar

<< Home