STMT TRISAKTI 2008

Jumat, 30 April 2010

PT.TOYOTA ASTRA MOTOR

Tugas kelompok : Manajemen Mutu
Nama : 1. Fitriana noer ( 223408028 )
2. Selvi rifda ( 223408019 )

MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU DI GUDANG LOGISTIC
PT.TOYOTA ASTRA MOTOR
* Pembangunan Spare Part Centre seluas 10 hektar ini menelan investasi sebesar Rp 249 miliar.

Investasi tersebut meliputi biaya pembangunan gedung baru dan berbagai fasilitas modern. Di lahan seluas 10 hektar inilah New Toyota Spare Parts Center menerima, menyimpan dan mendistribusikan lebih dari 100 ribu suku cadang Toyota dari beberapa supplier, baik lokal maupun internasional. Dengan menerapkan standar World Class Operation, pusat suku cadang baru ini akan memperkuat dan meningkatkan efisiensi pelayanan Toyota bagi konsumen dalam negeri melalui 193 cabang dan 166 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk pasar ekspor di 30 negara.
“Pembangunan Toyota Parts Center yang baru ini sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi Toyota di masa datang,dan meningkatkan MANAJEMEN DAN KWALITAS TERBAIK DI ASIA
Untuk kebutuhan pasar global, sejak tahun 1997 Toyota telah mengekspor kendaraan dan mesin serta komponen suku cadangnya ke lebih dari 30 mancanegara. Hal ini membuktikan kualitas produk Toyota Indonesia telah memenuhi standar internasional, serta telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan bisnis dan investasi baru tersebut.
”fasilitas Parts Center terbaru ini sangat penting bagi kami di Indonesia. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, fasilitas ini juga mempunyai kemampuan untuk memenuhi pasar internasional sehingga memiliki kontribusi terhadap negara dalam hal pemasukan devisa.”

Kehadiran New Toyota Spare Parts Center akan semakin memudahkan pelayanan kepada konsumen karena distribusi berbagai kebutuhan onderdil akan terlayani lebih cepat dan lebih akurat karena kesalahan yang terjadi menjadi lebih minimal. Konsep yang dibangun di New Toyota Spare Parts Center ini adalah hemat energi. Penggunaan konsumsi listrik yang rendah serta peralatan yang dipakai dengan energi listrik membuat tingkat polusi dapat ditekan.
New Toyota Spare Parts Center tidak hanya dibangun dengan konstruksi modern dan tahan gempa dengan sirkulasi udara yang baik dan hemat energi. Spare Parts Center ini juga dilengkapi fasilitas penunjang yang mendukung produktivitas dan kesejahteraan karyawan, seperti tempat ibadah yang memadai, kendaraan battery, sarana olahraga berupa lapangan bola dan lapangan basket, koperasi, klinik, hingga apotek hidup.
“Toyota sangat memperhatikan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, antara lain dengan menyediakan fasilitas pendukung yang memadai.
Selain itu, New Toyota Spare Parts Center memiliki empat fokus utama dalam pengoperasiannya. Pertama adalah keselamatan (safety), yaitu pemisahan proses pengerjaan yang menggunakan mesin dan yang tidak. Ini bisa terlihat dari jalur yang disesuaikan masing-masing lokasi sehingga akan tercipta lingkungan kerja yang aman. Kedua adalah produktifitas (productivity), yaitu semua sistem pengerjaan telah menggunakan barcode. Ini dilakukan agar setiap suku cadang yang dipesan oleh pelanggan tidak salah. Ketiga adalah ergonomic (ergonomic), yaitu lingkungan kerja yang memiliki ruang gerak sangat luas sehingga menghindari pekerja mengalami kelelahan dalam menjalankan tugasnya. Terakhir yaitu quality. Semua suku cadang telah melalui proses kontrol kualitas yang ketat baik pada saat proses produksi di vendor hingga penerimaan di New Toyota Spare Parts Center.
Sudah menjadi tujuan utama, dibalik upaya mencetak prestasi penjualan, PT Toyota-Astra Motor terus berupaya untuk menciptakan the Best Total Ownership Experience, komitmen Toyota untuk memberikan pengalaman kepemilikan terbaik bagi pelanggan. Sejak mulai mencari informasi kendaraan, Toyota berupaya memberikan pelayanan yang ideal bagi pelanggan dengan dealer-dealer resmi yang nyaman, kemudian melakukan transaksi yang tidak menyita banyak waktu, pengiriman yang tepat waktu hingga pada saat pelanggan memiliki kendaraan baru dengan dukungan layanan purna jual terbaiknya.
Dalam kedua program ini, seperti halnya pada keseluruhan program Toyota, Toyota selalu bergerak maju untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik (better life) serta kebahagiaan (happiness) bagi semua.
Fasilitas & Sistem Produk Terpuji dalam meningkatkan manajemen mutu


Menjadikan fasilitasnya sebagai yang terbaik dengan tujuan untuk menghasilkan produk unggulan adalah filosofi utama PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Investasi dalam skala besar yang menyeimbangkan pemanfaatan teknologi modern dengan sumber daya manusia untuk menghasilkan produk yang berkualitas telah ditanamkan di pabrik-pabrik kami di kawasan Sunter dan Karawang.
Kami menjungjung tinggi keselamatan seluruh karyawan. Sertifikasi SMK3 untuk sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di pabrik Sunter I dan Karawang merupakan bukti dari keseriusan kami.
Fasilitas modern kami didukung oleh aplikasi Toyota Way (Kaizen atau continuous Improvement dan pengembangan sumber daya manusia) dalam sistem produksi yang dikenal dengan nama Toyota Production System (TPS) yang telah teruji kehandalannya. Melalui TPS, pengembangan sumber daya manusia di pabrik-pabrik kami diutamakan bagi semua level karyawan. Penerapan TPS juga dilakukan melalui program-program dalam Toyota Manufacturer’s Club (TM Club) untuk para pemasok dalam negeri, yang saat ini telah mencapai lebih dari 100 dan mampu membantu mereka mencapai tingkat kualitas dan biaya yang kompetitif.
Keberhasilan kombinasi antara fasilitas modern dan sistem produksi handal di TMMIN mendapat pengakuan internasional dengan diraihnya berbagai penghargaan internasional untuk sistem manajemen kualitas (ISO 9000) oleh pabrik-pabrik kami di Sunter dan Karawang.
Karawang Plant
Toyota Production System (TPS)
Merupakan kunci sukses kami memasuki era globalisasi yang didasari Just In Time, Jidoka (built-in-quality), Standarisasi kerja dan Kaizen (continuos improvement).


Karawang Plant adalah salah satu pabrik otomotif milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Karawang International Industrial City (KIIC), TelukJambe, Jawa Barat. Karawang Plant dibangun pada 29 Mei 1996 dengan nilai investasi sebesar Rp. 462,2 miliar. Walaupun mulai beroperasi pada tahun 1998, namun Karawang Plant baru diresmikan pada tahun 2000. Pada saat ini, Karawang Plant memiliki kapasitas produksi 100.000 unit mobil per tahun.
Karawang Plant yang berdiri di area tanah seluas 1.000.000 m2 dengan luas bangunan 300.000 m2 memiliki konsep pabrik otomotif kelas dunia yang memadukan teknologi tinggi, keahlian sumber daya manusia, dan kepedulian terhadap karyawan dan lingkungan.
Sedangkan dalam hal produksi, Karawang Plant menitikberatkan pada produksi Innova yang ditujukkan untuk pasar domestic dan internasional. Untuk CBU, tujuan ekspornya adalah ke negara-negara Timur Tengah (Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Oman, Yordania, Syria, dan Libanon), Negara-negara kepulauan Pasifik (Fiji dan Solomon), serta ke Negara-negara Asia (Brunei Darussalam dan Thailand). Sedangkan untuk CKD memiliki tujuan ekspor ke Malaysia, Filiphina, dan Vietnam.
Fasilitas Karawang Plant :
o Fasilitas Produksi :
Stamping Shop
Welding Shop
Painting Shop
Assembling Shop
o Fasilitas Pendukung :
Test Course
Employee Facilities
o Environment :
Management system :
1. Waste Water Treatment
Jalan
Panjang
Menuju
Sukses
1971. Peresmian PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai importir dan distributor kendaraan Toyota di Indonesia
1973. Didirikan pabrik perakitan PT Multi Astra
1976. Berdiri PT Toyota Mobilindo sebagai pabrik komponen
1977. Kijang pertama kali diluncurkan ke publik
1982. Pabrik mesin PT Toyota Engine Indonesia mulai beroperasi
1987. Ekspor perdana Kijang ke beberapa
1989. Ekspor perdana Kijang ke beberapa negara Asia-Pasifik
1996. Merger empat perusahaan Toyota di Indonesia : PT Toyota-Astra Motor, PT Multi Astra, PT Toyota Mobilindo dan PT Toyota Engine Indonesia
2000. Pabrik mobil moderen Karawang diresmikan
2003. TAM berubah menjadi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan didirikan Tam sebagai distributor. Produksi Kijang ke-1.000.000 unit.
2004. Peluncuran Toyota Avanza sebagai kendaraan hasil kolaborasi TAM-TMMIN dan PT Astra Daihatsu Motor. Peluncuran Kijang Generasi V, Kijang Innova.



Profil
PT. Toyota-Astra Motor
Kantor Pusat
Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta 14330, Telp (021) 6515551 (hunting), Fax (021) 6515360
Didirikan
15 Juli 2003
Modal Disetor
Rp. 400.000.000.000
Pemegang Saham
PT. Astra International Tbk (51%)
Toyota Motor Corporation (49%)
Jaringan Dealer Toyota
5 Dealer Utama : PT Astra Internasional, PT New Ratna Motor, PT Agung Automall, PT Hasjrat Abadi, NV Hadji Kalla Trd.Co.

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia
Kantor Pusat
Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta 14330, Telp (021) 6515551 (hunting), Fax (021) 6515360
Didirikan
02 April 1971
Modal Disetor
Rp. 19.500.000.000
Pemegang Saham
Toyota Motor Corporation (95%)
PT. Astra International Tbk (5%)
Fasilitas Produksi
Kawasan Sunter : Casting Plant, Stamping Plant
Engine Plant, Assembly Plant
Karawang Plant : Stamping Plant, Assembly Plant
Sumber berita :( PT.TOYOTA.ASTRA.MOTOR.) http:www.Toyota.astra.co.id
posted by D3 MLM 2008 at 22.21

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home