STMT TRISAKTI 2008

Selasa, 08 Juni 2010

PT. JNE

JNE

Didirikan
Kantor pusat
Daerah layanan
Tokoh penting
Soeprapto Suparno (Pendiri dan Direktur Utama), Johari Zein (Direktur Pelaksana)
Pengiriman, Logistik
1.763 (2008)
JNE merupakan perusahaan dalam bidang kurir ekspres dan logistik yang bermakas di Jakarta, Indonesia. Nama resmi adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE) tetapi namanya sudah terkenal dengan nama JNE. Nama itu berasal dari Bahasa Sanskerta yang berarti "Jalur Nugraha Ekakurir". Perusahaan ini salah satu perusahaan kurir yang terbesar di Indonesia.

Sejarah
Pada tanggal 26 November 1990, H Soeprapto Suparno mendirikan perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Perusahaan ini mulai sebagai divisinya PT Citra Van Titipan Kilat (TiKi) yang bergerak dalam bidang internasional.
Dengan delapan orang dan kapital 100 miliar rupiah JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia.
Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.
Selama setahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah diri sendiri. Karena ini dua-duanya perusahaan menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen diri sendiri. JNE menlancar logo sendiri dan membedakan dari TiKi.
JNE juga membeli gedung-gedung pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Center. Kemudian gedungnya untuk pusat kantor JNE juga dibelikan dan didirikan pada tahun 2004. Dua-duanya berada di Jakarta.

Pendapat :
            JNE merupakan perusahaan logistic yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan impor , pengiriman barang, dokumen serta pengiriman barangnya dari luar negeri ke indonesia .
JNE merupakan salah satu perusahaan yang terbesar di Indonesia, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen dalam Memilih Perusahaan 
Jasa Pengiriman Barang Kata kunci: bauran pemasaran jasa, keputusan pemilihan konsumen.
Perkembangan sektor jasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang cukup eksis di Indonesia adalah PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR atau yang lebih dikenal dengan JNE. Untuk dapat bersaing dengan kompetitornya diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya berkenaan dengan bauran pemasaran jasa yang diterapkannya.
Bauran pemasaran jasa dalam penelitian ini terdiri dari tujuh elemen yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan layanan konsumen (costumer service).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pelaksanaan bauran pemasaran jasa serta keputusan pemilihan konsumen yang melakukan pengiriman barang di JNE Pandaan, pengaruh bauran pemasaran jasa JNE baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan konsumen memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan layanan konsumen (X7) serta variabel terikatnya adalah keputusan pemilihan konsumen (Y). Jenis penilitian ini adalah deskriptif korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pengiriman barang di JNE Pandaan berjumlah 913 konsumen terhitung mulai bulan Januari sampai dengan April 2007. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan a = 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 73 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Multy Stage Sampling. Tahapan pertama adalah purposive sampling dan tahap selanjutnya adalah accidental sampling untuk menyebarkan kuisioner pada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik.
Hasil dalam penelitian ini adalah : (1) 47 responden (64,38%) menyatakan kurang setuju terhadap produk yang ditawarkan JNE Pandaan, dengan nilai B1 = - 0,035, nilai thitung = - 0,474, dan nilai sig t = 0,637, (2) 34 responden (46,56%) menyatakan kurang setuju terhadap harga (tarif) yang ditawarkan JNE Pandaan, dengan nilai  B2 = 0,083, nilai thitung = 1,407, dan nilai sig t = 0,164, (3) 41 responden (56,17%) menyatakan setuju terhadap tempat JNE Pandaan, dengan nilai B3 = 0,496, nilai thitung = 3,720, dan nilai sig t = 0,000, (4) 43 responden (58,90%) menyatakan kurang setuju terhadap promosi yang dilakukan JNE Pandaan, dengan nilai B4 = 0,080, nilai thitung = 1,656, dan nilai sig t = 0,102,      (5) 36 responden (49,32%) menyatakan setuju terhadap orang (karyawan) JNE Pandaan, dengan nilai B5 = 0,146, nilai thitung = 3,217, dan nilai sig t = 0,002, (6) 34 responden (46,56%) menyatakan kurang setuju terhadap proses yang dilakukan JNE Pandaan, dengan nilai B6 = 0,423, nilai thitung = 3,381, dan nilai sig t = 0,001, (7) 30 responden (41,09%) menyatakan setuju terhadap layanan konsumen yang diberikan JNE Pandaan, dengan nilai B7 = 0,009, nilai thitung = 0,118, dan nilai sig t = 0,906. Terdapat pengaruh secara signifikan tempat (X3), orang (X5), dan proses (X6) secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan. Sedangkan tidak terdapat pengaruh secara sinifikan produk (X1), harga (X2), promosi (X4), layanan konsumen (X7) secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan. Terdapat pengaruh produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan layanan konsumen (X7) secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan berdasarkan nilai Fhitung sebesar 29,120 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sub variabel dari bauran pemasaran jasa yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan adalah tempat dengan nilai sumbangan efektif sebesar 17,56% selain itu diketahui Adjusted R2 = 0,732 yang berarti korelasi/ hubungan antar variabel bebas adalah kuat.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) mayoritas responden sebanyak 64,38% menyatakan kurang setuju terhadap produk yang ditawarkan JNE Pandaan, (2) mayoritas responden sebanyak 46,56% menyatakan kurang setuju terhadap harga (tarif) yang ditawarkan JNE Pandaan,  (3) mayoritas responden sebanyak 56,17% menyatakan setuju terhadap tempat JNE Pandaan, (4) mayoritas responden sebanyak 58,90% menyatakan kurang setuju terhadap promosi yang dilakukan JNE Pandaan, (5) mayoritas responden sebanyak 49,32% menyatakan setuju terhadap orang (karyawan) JNE Pandaan, (6) mayoritas  responden sebanyak 46,56% menyatakan kurang setuju terhadap proses yang dilakukan JNE Pandaan, (7) mayoritas responden sebanyak 41,09%  menyatakan setuju terhadap layanan konsumen yang diberikan JNE Pandaan. Secara parsial ada pengaruh positif signifikan tempat, proses, dan layanan konsumen terhadap keputusan pemilihan konsumen. Sedangkan secara simultan ada pengaruh positif signifikan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan layanan konsumen terhadap keputusan pemilihan konsumen. Sedangkan sub variabel bauran pemasaran jasa yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pemilihan konsumen adalah tempat.
Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Adanya standardisasi dalam layanan pengiriman barang yang variatif sehingga standar pelayanan yang diberikan di seluruh cabang JNE relatif sama sehingga akan menciptakan kepuasan konsumen, (2) Perusahaan hendaknya menyesuaikan harga yang mahal dibanding perusahaan lokal sejenis dengan memberikan pelayanan yang berkualitas karena harga menjadi indikasi dari kualitas jasa suatu perusahaan, (3) Promosi dilakukan dengan membuat situs di internet juga memasang brosur yang berisi segala informasi mengenai JNE Pandaan di tempat-tempat strategis, (4) Layanan konsumen hendaknya juga disertai dengan memberikan jaminan keamanan barang, baik keutuhan barang maupun keamanan saat pengiriman karena pembungkus barang seringkali sudah terbuka ketika sampai di tujuan.

NAMA :
MUTIA APSARI ( 223408008 )
SITI NURAINI (223408017)
posted by D3 MLM 2008 at 10.14

0 Comments:

Poskan Komentar

<< Home